Pose Yoga Untuk Meredakan Sakit Pinggang Ini sangat Bermanfaat

Kelamaan duduk bikin kamu sakit pinggang? Ya jelas, lah! Apalagi kalo kamu nggak pernah melakukan peregangan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat atau mengoleskan krim pereda sakit pinggang di area yang terasa nyeri. Alternatifnya, kamu dapat mempraktikkan pose yoga untuk meredakan sakit pinggang berikut!

Pose Yoga Untuk Mengatasi Nyeri Pinggang

Sakit pinggang sepertinya jadi problema tubuh yang nggak kunjung hilang, deh, terutama buat kamu yang rutinitas sehari-harinya lebih banyak dihabiskan dengan duduk. Misal, pekerja kantoran yang diharuskan untuk duduk selama berjam-jam di depan komputer.

Biasanya, baru terasa pas bangun pagi. Tiba-tiba pinggang rasanya sakit banget. Supaya nggak berkelanjutan, kamu perlu segera mengonsumsi obat. Jika tidak ingin ketergantungan obat, coba cara lain aja, yaitu dengan melakukan gerakan yoga. Di bawah ini adalah beberapa gerakan atau pose yoga yang efektif buat mengatasi sakit pinggang:

1. Cat Cow Pose

Pose yang pertama, yaitu cat cow pose, sangat baik untuk pinggang dan tulang belakang. Sebab, gerakannya adalah melengkungkan punggung ke atas dan ke bawah. Kamu bisa menerapkan pose ini di pagi hari apabila mengalami sakit pinggang ketika bangun tidur.

2. Garudasana (Eagle Pose)

Garudasana atau disebut pula dengan pose elang merupakan pose yoga yang lebih advanced. Pasalnya, pose tersebut memerlukan kekuatan dan keseimbangan tubuh. Namun, efeknya baik banget, loh, buat meregangkan dan membuka punggung serta pinggangmu.

Selain itu, eagle pose juga cukup mudah untuk dilatih dan bermanfaat untuk memperkuat tulang belakang. Pose tersebut pun bagus buat meringankan sakit pinggang karena masuk dalam kategori backbend.

3. Uttanasana (Standing Forward Fold)

Sama kayak Garudasana, Uttanasana juga gampang sekali untuk dilatih setiap hari. Pose tersebut pun sangat baik untuk meredakan rasa sakit pada pinggang bawah. Manfaat lainnya, yaitu pose yoga yang bernama lain standing forward fold itu mampu memanjangkan semua otot pada tulang punggungmu. Sehingga, cocok banget dilakuin sama kamu yang sering duduk berlama-lama di depan komputer.

4. Paschimottanasana (Seated Forward Fold)

Pose yoga untuk meredakan sakit pinggang ini dapat dilakukan dengan posisi duduk. Bisa dicoba oleh kamu yang kadang merasa pusing saat menjalani yoga dengan posisi berdiri. Agar efeknya maksimal, kamu harus menerapkannya dengan tepat, ya!

Caranya, yakni aktifkan telapak kaki dan dekatkan posisi dadamu di bagian depan kaki. Dengan melakukannya, pinggang bagian bawahmu akan terbuka. Posisi ini juga dapat membantu meredakan otot kaku serta rasa sakit.

5. Salamba Bhujangasana (Spinx Pose)

Nggak berbeda dengan pose-pose sebelumnya, Salamba Bhujangasana juga merupakan pose yang gampang banget buat dilatih. Udah gitu bagus untuk memperkuat tulang belakang, lagi. Dan sama dengan Garudasana, Spinx Pose juga termasuk backbend.

6. Setubanda Sarvangasana (Bridge Pose)

Sesuai dengan namanya, pose ini mirip seperti jembatan. Apabila dilakukan dengan tepat, sangat efektif untuk mengurangi sakit pinggang yang kamu rasakan, loh! Nggak cuma itu, Setubanda Sarvangasana juga baik untuk memperkuat otot pinggang bawah, pantat serta paha bawah.

7. Salabhasana (Locust Pose)

Jika punggung dan pinggangmu kuat, tentu resiko untuk mengalami sakit pinggang bakal berkurang. Nah, untuk menjadikannya lebih kuat, kamu bisa menerapkan pose Salabhasana dalam yoga. Pose tersebut sangat baik untuk memperkuat otot pinggang, punggung serta pantat.

8. Supta Jathara Parivartanasana (Supine Spinal Twist)

Twist atau gerakan memutar tubuh bagian atas adalah metode yang efektif buat melegakan nyeri pinggang. Dalam yoga, pose yang demikian dinamakan Supine Spinal Twist atau Supta Jathara Parivartanasana.

Nggak hanya mampu meringankan nyeri pinggang, pose tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, Supine Spinal Twist baik untuk merangsang organ tubuh, seperti ginjal, usus dan saluran kencing.

Pose yoga untuk meredakan sakit pinggang mana yang menurutmu paling efektif dan mudah dilakukan? Kalau sudah menentukan pilihan, segera praktikkan agar nyeri pinggangmu nggak berkepanjangan! Jangan lupa untuk berkonsultasi pada instruktur yoga sebelum melakukannya, ya!