Manfaat Sarapan dengan Multigrain yang Menyehatkan

Manfaat sarapan dengan multigrain memang sangat menyehatkan. Sebelum memulai aktifitas, ada baiknya sarapan terlebih dahulu. Jangan anggap sepele, sarapan itu penting, loh! Sarapan dengan porsi dan gizi yang cukup bakal memberimu energi yang optimal untuk menjalankan kegiatan sepanjang hari.

Melewatkan sarapan hanya akan membuatmu lemas, ngantuk, susah berkonsentrasi hingga mengalami gangguan kesehatan, seperti sakit maag. Memilih menu sarapan yang tepat juga penting. Harus memastikan menu tersebut berkualitas dan memiliki nutrisi yang seimbang. Multigrain adalah salah satu menu sarapan yang layak dipertimbangkan.

Pernah denger istilah itu, nggak, sebelumnya? Multigrain emang masih belum lazim digunakan sebagai menu sarapan. Tapi, sebetulnya makanan tersebut lebih menyehatkan dibanding beberapa menu sarapan lainnya, loh!

Apa saja, sih, manfaat sarapan dengan multigrain? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Multigrain?

Nggak cuma beras merah, sekarang juga lagi trend mengganti nasi putih dengan kombinasi beberapa jenis bahan makanan bernutrisi, seperti beras, biji-bijian, gandum-ganduman dan kacang-kacangan. Kombinasi ini disebut dengan multigrain.

Salah satu jenis multigrain yang kini banyak dikonsumsi untuk diet adalah quinoa yang berasal dari biji-bijian tanaman Chenopodium quinoa. Selain quinoa, multigrain juga bisa berupa gabungan bahan-bahan, seperti beras ketan hitam, beras coklat, kacang kedelai hitam, kacang merah, kacang polong, jali, sorghum dan barley.

Kandungan Nutrisi Pada Multigrain

Tentu diketahui bahwa setiap biji-bijian punya kandungan nutrisi yang baik buat kesehatan, salah satunya adalah serat. Serat tak hanya berperan dalam menjaga saluran pencernaan, tapi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat larut air bakal mengusir kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum usus sempat menyerapnya.

Di samping itu, kandungan serat yang tinggi pada makanan multigrain dapat menjadi sumber kalori harian yang aman serta sehat. Tenang, mengonsumsi serat nggak akan membuat tubuhmu lemas, kok. Nutrisi tersebut justru menambah tenaga dan bikin kenyang lebih lama.

Manfaat Multigrain

Dibandingkan beras putih, kalori yang terkandung dalam multigrain lebih rendah. Sehingga aman dikonsumsi dan nggak bikin perut melar.

Makanan itu juga bebas gluten, zat protein yang sebenarnya diperlukan tubuh, tapi tidak bisa dicerna oleh beberapa orang dan justru menimbulkan masalah, seperti intoleransi gluten serta penyakit celiac.

Selain itu, multigrain juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuhmu dari radikal bebas. Jadi nggak gampang lelah dan sakit, deh, meski cuaca sedang ekstrem.

Dilansir dari situs Everyday Health, para ahli diabetes menyarankan penderita atau orang yang beresiko mengalami diabetes untuk mengonsumsi gandum dan biji-bijian guna mengurangi diabetes hingga 16%. Sebab, sepertigandum utuh, bulgur dan quinoa, glikemik indeks dalam multigrain lebih rendah dibanding beras putih.

Satu lagi, nih, manfaat sarapan dengan multigrain. Nggak hanya menyehatkan tubuh dan memberi energi untuk beraktifitas, mengonsumsi makanan tersebut di pagi hari juga membantu mengoptimalkan kinerja otak. Dengan demikian, konsentrasi pun meningkat dan bakal lebih produktif sepanjang hari.

Sarapan merupakan kunci untuk mendapatkan kegiatan yang berkualitas. Oleh karenanya, nggak boleh sembarangan dalam memilih menunya. Makanan yang hendak dikonsumsi untuk mengawali pagi harus mengandung gizi yang cukup supaya aktifitasmu nggak terhambat oleh rasa lemas dan kantuk.

Multigrain bisa jadi jawabannya. Manfaat sarapan dengan multigrain dapat menambah pasokan energi untuk mendukung produktifitasmu. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sampai ketinggalan! Teman-temanmu udah pada nyobain, loh!