Ini Pose Yoga yang Harus Dijauhi Oleh Penderita Spondilolistesis

Tentu kamu tahu bahwa setiap gerakan atau pose dalam yoga mempunyai manfaat dan efek samping. Pose yang bermanfaat bagi otot tangan bisa saja justru menimbulkan tekanan pada punggung, begitu sebaliknya. Atau, pose yang baik buat otot punggung malah membebani tulang belakang.

Bagi penderita spondilolistesis, misalnya, tidak disarankan untuk menerapkan pose tertentu. Apa sebenarnya spondilolistesis itu? Simak aja, yuk, ulasan pose yoga yang harus dijauhi oleh penderita spondilolistesis berikut!

Apa Itu Spondilolistesis?

Spondilolistesis merupakan kondisi di mana salah satu tulang di tulang belakang mengalami pergeseran dari posisi normal serta cenderung ke depan menutupi tulang di bawahnya. Biasanya, kondisi ini terjadi pada punggung bagian bawah.

Apabila tidak segera ditangani, spondilolistesis bisa menekan akar syaraf atau syaraf tulang belakang. Nah, hal tersebut dapat memicu rasa nyeri, lemas atau mati rasa di salah satu atau kedua tungkai kaki. Terkadang, adanya tekanan pada syaraf juga bisa membuat penderita tidak mampu mengendalikan buang air kecil atau buang air besar.

Pose Yoga yang Harus Dihindari Penderita Spondilolistesis

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Olahraga ini berguna untuk melenturkan otot punggung serta menjaga bentuk normal tulang belakang. Akan tetapi, yoga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Pasalnya, pose dalam yoga, tuh, banyak banget dan beberapa di antaranya memaksa punggungmu buat mengeluk melontai cukup lama. Sehingga, orang dengan kondisi tertentu, seperti spondilolistesis perlu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak memperparah nyeri dan menimbulkan cedera.

Setidaknya, ada beberapa pose yoga yang tidak disarankan untuk penderita spondilolistesis supaya kondisi ruas tulang punggung yang telah bergeser tidak menjadi semakin buruk. Antara lain:

1.Bow Pose

Dikenal pula dengan Dhanurasana. Sesuai dengan namanya, bow pose mencontoh bentuk busur panah. Badan dan kaki diibaratkan sebagai busur, sedangkan tangan yang meyentuh ujung kaki merupakan tali busurnya.

Bow pose sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri punggung ringan, sembelit dan nyeri haid. Tapi, pose tersebut nggak cocok bagi penderita spondilolistesis atau cedera tulang belakang karena bakal memaksa badanmu untuk melengkung secara drastis.

2. Cobra Pose

Ini, nih, pose yoga yang harus dijauhi oleh penderita spondilolistesisberikutnya. Cobra pose emang berguna buat menguatkan tulang belakang, membikin otot-otot badan dan bokong jadi lebih lentur serta meringankan stress. Tapi, pose tersebut mengharuskanmu untuk tengkurap dan rengkeh ke atas seraya menyokongnya dengan kedua telapak tangan.

Cobra pose mungkin mudah dilakukan oleh orang memiliki tulang belakang normal. Namun, bila dilakukan oleh penderita spondilolistesis justru bisa mengakibatkan nyeri dan cedera.

3, Locust Pose

Disebut pula dengan Salabhasana, pose ini punya banyak kesamaan dengan pose sebelumnya. Yang membedakan ialah kedua tangan diletakkan di sisi badan. Lalu, kamu harus rengkeh sampai pandangan lurus ke depan.

Ngeri banget buat penderita spondilolistesis serta cedera punggung akut. Pasalnya, tidak berbeda dengan cobra pose, pose tersebut memaksamu untuk meliukkan badan dalam waktu lama. Sehingga, nyeri pun tidak dapat dihindari.

4. Camel Pose

Untuk melakukan pose ini, kamu harus bertumpu pada kedua lutut serta jari kaki. Setelah itu, kamu perlu meliukkan badan sampai kepala mendongak ke atas. Kedua tangan lurus ke tumit guna menyokong beban tubuh.

Camel pose memang bermanfaat untuk menangani beberapa masalah, seperti badan lesu, nyeri haid dan nyeri punggung ringan. Namun, pose ini bisa membebani tulang punggung, terutama di area pinggang, bagian yang kerap mengalami spondilolistesis.

5. Extended Hand-to-big-toe Pose

Guna menerapkan pose ini, kakimu harus terangkat setinggi-tingginya, sementara tangan menyentuh jari kaki tersebut selama 30 detik. Walau mampu meningkatkan keseimbangan serta memperkuat otot kaki, extended hand-to-big-toe pose bisa meningkatkan resiko cedera, loh!

Sebab, mustahil bagi penderita spondilolistesis untuk menjaga keseimbangan hanya dengan satu kaki. Salah sedikit saja bisa bikin kamu terjatuh dan memperparah kondisi tulang belakang.

Sebagai ganti dari pose yoga yang harus dijauhi oleh penderita spondilolistesis di atas, kamu bisa mencoba pose yang lebih aman, seperti five pointed star, downward facing dog, hero dan sebagainya. Akan lebih baik jika kamu selalu berkonsultasi dengan instruktur yoga sebelum memulai latihan!