Gejala Infeksi Virus Corona Wajib Diketahui

Virus corana pada awalnya ditemukan di daerah Wuhan, China dan sudah dikonfirmasi menyebar ke 13 negara. Sehingga kasus virus corona ini menyebabkan orang yang meninggal terus meningkat. Sehingga pemerintah China harus segera melakukan langkah cepat untuk mengatasi gejala infeksi virus corona agar tidak menyebar dan segera bisa diobati. Dan pada saat ini jumlah orang yang mengidap virus corona telah mencapai lebih dari 2.700 kasus.

Seperti Apa Virus Corona Itu?

Virus corona merupakan sebuah virus yang berasal dari keluarga familia coronaviridae dimana dapat menyebabkan penyakit pada burung maupun mamalia. Bagian-bagian tubuh dari virus corona tersebut terdiri dari membran, selubung lipid bilayer, glikoprotein yang menyerupai paku, genom RNA positif dan protein nukleokapsid. Jadi virus corona ini asal mulanya dari hewan. Namun karena manusia memakan hewan tersebut, maka virusnya pun menular di tubuh manusia tersebut.

Lalu Seperti Apa Gejala Infeksi Virus Corona Itu?

Menurut sebuah penelitian yang telah dirilis pada jurnal The Lancet, gejala infeksi virus corona yang sering muncul mirip dengan yang disebabkan oleh virus SARS.Yang membedakan pada gejala virus corona adalah ada gejala saluran pernapasan atas (bisa pilek, bersin dan sakit tenggorokan), serta gejala usus (biasa diare).

  • Deman: Bagi seorang yang terjangkit virus infeksi corona, maka demamnya akan tinggi. Sehingga jika diukur dengan termometer, maka suhu badan berada di atas 38 derajat celcius.
  • Suhu Badan Tinggi: Seperti yang telah dijelaskan pada gejala nomor satu di atas, orang yang mengidap sakit corona suhu badannya akan tinggi. Suhu badan bisa mencapai diatas 40 derajat celsius.
  • Nyeri Otot: Nyeri otot ini, seperti orang yang kelelahan setelah melakukan olahraga berat. Otot seperti sakit kram, namun ini tidak terasa kencang, hanya saja terasa nyeri yang berkelanjutan.
  • Batuk Berdahak Atau Kering: Batu berdahak dan terus terusan susah sembuh, bisa menjadi indikasi bahwa terinfeksi virus corona. Oleh sebab itu segeralah bawa diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Sesak Napas: Virus corona juga dapat membuat pasien menjadi sesak nafas, padahal pasien tidak memiliki riwayat sakit asma atau pun sesak napas. Jika menemukan tanda tersebut segera bawa ke dokter terdekat.
  • Paru-paru Meradang dan Dipenuhi oleh Cairan: Nah paling parah adalah jika paru-paru sudah meradang dan dipenuhi oleh cairan. Sehingga membuat kerja paru-paru terganggu. Alhasil penderita bisa sesak napas dan susah untuk bernapas.

Bagaimana Perawatan Terhadap Infeksi Virus Corona?

Untuk perawatan bagi penderita infeksi virus corona ini tidak ada yang khusus, karena kebanyakan orang dapat sembuh dengan sendirinya. Prosedur dan panduan cara pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan beristirahat yang cukup dan pengobatan untuk meredakan gejalanya. Penderita bisa melakukan humidifier atau mandi air panas, untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan dan batuk.

Dan jika infeksi virus corona nya masih ringan, hanya perlu banyak minum dan beristirahat. Namun apabila masih merasa khawatir dan tidak bisa tenang dengan gejala yang ada, segeralah menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.Dikarenakan vaksin untuk infeksi virus corona ini belum sepenuhnya ditemukan, maka wajib melakukan pencegahan dini. Supaya tidak terjangkit infeksi virus corona tersebut.

Pencegahan Infeksi Virus Corona

Ada beberapa saran untuk pencegahan awal supaya tidak terinfeksi virus corona. Seperti sering-seringlah mencuci kedua tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik. Dan jika sudah terlanjur terinfeksi virus corona, wajib mengambil langkah untuk tidak menularkan kepada orang lain.  Salah satunya dengan cara mengkarantina (mengisolasi) diri sendiri di dalam rumah, atau memisahkan diri dari orang lain di rumah. Bisa menggunakan masker, ketika batuk atau bersin harus ditutupi serta selalu mencuci tangan.

Cara Mudah Menghentikan Penyebaran Virus Corona

Pemerintah China sendiri telah melakukan cara menghentikan virus corona dengan cara menutup akses perjalanan ke Wuhan atau dari Wuhan keluar. Dengan kata lain penduduk Wuhan dikarantina. Begitu juga yang sebaiknya dilakukan oleh negara lainnya, untuk melarang adanya tamu atau turis dari Hubei, China.

Nah itulah penjelasan mengenai gejala-gejala orang terinfeksi virus corona. Semoga dengan mengenali infeksi virus corona dapat melakukan pencegahan dini dan dapat membantu orang lain supaya terhindar dar virus corona.