8 Efek Negatif Akibat Sering Duduk Bungkuk Bagi Kesehatan yang Cukup Serius!

Aktivitas yang kita lakukan setiap hari dapat menjadi penyebab postur tubuh membungkuk, loh! Salah satu contohnya adalah terlalu lama duduk di depan komputer. Kebiasaan ini bikin posisi kepalamu jadi mendongak. Punggungmu pun ikut membengkok ke depan. Nggak heran kalo area sekitar leher dan punggung belakangmu kerap pegal-pegal bila keseringan melakukannya. Selain itu, ada beberapa efek negatif akibat sering duduk bungkuk bagi kesehatan yang bisa mengintaimu. Apa saja?

Efek Buruk Sering Duduk Bungkuk Bagi Kesehatan

Postur tubuh merupakan cara seseorang memosisikan tubuh ketika duduk, berdiri, berjalan atau tidur. Tentu kamu tahu bahwa postur tubuh yang baik itu di samping mampu menunjang penampilan juga sangat penting untuk kesehatan. Nggak hanya bantu atasi nyeri yang berkepanjangan, postur tubuh yang baik juga membuatmu punya tenaga lebih. Sistem pencernaanmu pun jadi lebih lancar.

Sayangnya, tanpa disadari kamu masih sering melakukan kebiasaan yang bikin postur tubuh tidak tegap, seperti duduk membungkuk. Mungkin menurutmu ini bukan lah masalah besar, namun kenyataannya ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh kebiasaan tersebut, antara lain:

1. Mengubah Bentuk Tulang Belakang

Tulang belakang manusia punya bentuk alami yang harus dijaga dengan baik. Jika kamu justru membiasakan diri untuk duduk atau berdiri dengan posisi membungkuk, tentu bagian tersebut bakal mendapat banyak tekanan. Sebab, kamu menempatkannya dalam posisi yang nggak lazim.

Akibatnya, terjadi perubahan pada kurva tulang belakang. Nggak cuma menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri yang berkepanjangan, kondisi ini juga membuat tulang belakangmu tidak bisa menerima guncangan serta menjaga keseimbangan dengan tepat.

2  Memicu Kelelahan

Kamu memerlukan energi yang bisa menurunkan kapasitas pernapasan hingga 30% buat nahan tubuh dalam posisi yang tidak semestinya. Ini lah alasan kenapa sebagian besar orang yang terlalu lama duduk bakal merasa lelah setelah bangun. Gejala tersebut sangat umum dialami oleh orang dengan postur tubuh yang buruk.

3. Meningkatkan Resiko Nyeri Punggung Kronis

Efek negatif akibat sering duduk bungkuk bagi kesehatan yang satu ini nggak boleh diremehkan. Mulai dari sakit punggung kronis sampai degenerasi cakram sendi bisa mengintai apabila kamu menghabiskan banyak waktu dengan duduk membungkuk. Banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk tersebut berakhir mengalami nyeri punggung dari hari ke hari tanpa tahu dengan jelas apa penyebabnya.

4. Mengganggu Pencernaan

Mempertahankan kebiasaanmu duduk membungkuk hanya akan membuat organ pencernaan tersumbat. Sehingga, bakal mengurangi efisiensi dan fungsi normal pencernaan. Karena sistem pencernaan terhambat, maka kamu rentan mengalami sembelit. Akibat kondisi ini, beragam masalah pun ikut muncul. Mulai dari dada sesak sampai hipertensi.

5. Menimbun Lemak

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Lemak yang tertimbun dalam tubuh bisa diakibatkan oleh buruknya sistem pencernaan. Dan hal ini seringkali disebabkan oleh kebiasaan duduk yang buruk. Kondisi-kondisi seperti tekanan darah yang naik juga membuat lemak di area pinggang dan kolesterol meningkat.

6. Meningkatkan Resiko Penyakit Kardiovaskular

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menemukan bahwa orang yang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk sepanjang hari bisa beresiko mengalami masalah kardiovaskular. Bahkan, resikonya bisa meningkat hingga 147%, loh!

7. Meningkatkan Stress

Tadi udah disampaikan kalau terlalu lama duduk membungkuk bisa menyebabkan pernapasanmu buruk. Nah, hal ini dapat mempengaruhi sistem syaraf dan menyebabkan stress. Oleh karenanya, agar bisa bernapas dengan lancar, usahakan duduk tegak dengan bahu dan dada terbuka. Cara itu juga akan membantumu lebih berenergi, loh!

8. Menyebabkan Depresi

Posisi duduk yang buruk bisa mempengaruhi suasana hatimu, loh! Apalagi kalau dilakukan dalam waktu yang lama, kamu bisa beresiko mengalami depresi.

Untuk mencegah efek negatif akibat sering duduk bungkuk bagi kesehatan di atas, kamu harus senantiasa memeriksa posisi tubuh saat duduk maupun berdiri. Sehingga, lama kelamaan, kamu bakal terbiasa dengan postur tubuh yang baik. Juga luangkan waktumu untuk bergerak aktif agar postur tubuhmu jadi lebih baik dan terhindar dari beragam masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.