6 Resep Salad Buah dan Sayur yang Menyehatkan Dari Bahan Sederhana

Apakah ada di antara kamu yang nggak doyan makan buah dan sayuran? Sayang banget! Padahal, di dalam buah dan sayuran terkandung berbagai gizi yang punya banyak manfaat buat kesehatan, loh! Mulai dari melancarkan sistem pencernaan, menurunkan resiko beragam penyakit, seperti hipertensi, jantung, diabetes dan kanker hingga menyehatkan kulit. Supaya nafsu makan buah dan sayur makin tinggi, kamu bisa mengolahnya menjadi salad. Mau tau resep salad buah dan sayur yang menyehatkan? Simak kelanjutannya, ya!

Aneka Salad Buah dan Sayur yang Menyehatkan

Siapa bilang salad cuma boleh dikonsumsi para vegan, vegetarian dan orang yang sedang menjalankan diet? Kamu yang nggak termasuk dalam tiga kategori tersebut bisa banget, kok, mengonsumsi salad, terutama yang terbuat dari buah dan sayuran.

Selain menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, salad juga berguna buat kecantikanmu, loh! Mengonsumsi salad buah atau sayuran bakal memaksimalkan manfaat dari produk skincare yang kamu pakai.

Tapi, jika kamu nggak suka makan buah dan sayuran, jangan khawatir. Berikut beberapa resep salad buah dan sayuran yang pasti bisa diterima dengan baik oleh lidahmu. Percaya, deh!

1. Mix Fruit Salad

Suka buah-buahan? Paling kamu biasanya memakan buah-buahan tersebut secara langsung atau mem-blender-nya menjadi jus. Biar nggak bosan, coba, deh, olah buah-buahan yang kamu suka jadi salad. Kamu dapat me-mix bermacam-macam potongan buah, seperti apel, nanas, strawberry, jeruk kiwi atau pisang dengan yoghurt, keju atau mayonnaise sesuai selera.

Di samping menyegarkan, mengonsumsi salad buah sebagai camilan atau pengganti makan malam juga menyehatkan, loh! Sebab, terdapat berbagai zat gizi penting dalam buah-buahan itu, salah satunya serat.

2. Mix Vegetables Salad

Dibanding sayuran, pasti beberapa dari kamu lebih memilih buah-buahan, bukan? Apalagi kamu yang anti dengan sayuran karena rasanya yang pahit dan aneh ketika disambut oleh lidah. Tapi, kamu mesti mencoba resep salad buah dan sayur yang menyehatkan dari sayuran ini.

Beraneka sayuran segar, seperti wortel dan daun selada dicampur dengan telur serta potongan dada ayam yang telah direbus. Supaya lebih lezat, kamu dapat menambahkan mayonnaise atau saus. Dengan begini, rasanya nggak akan aneh lagi. Santap menu salad tersebut saat sarapan sebelum kamu memulai aktifitas.

3. Vegetables Salad With Chicken and Cheese

Satu lagi, nih, resep salad sayur yang bisa kamu praktikkan di rumah. Bahan-bahannya, yaitu selada, kol ungu, wortel, tomat, kentang, bawang bombay dan dada ayam panggang. Setelah dicampur, bahan-bahan itu kemudian disiram dengan saus keju. Dijamin, rasanya creamy dan bikin lidah kamu menggelinjang. Untuk menambah cita rasa, kombinasikan dengan irisan daging atau ikan.

4. Noodle Salad

Pecinta mie wajib banget nyoba hidangan salad yang satu ini. Sesuai namanya, tentu saja bahan utama dari noodle salad adalah mie. Tapi, pastikan mie yang dipilih adalah mie organik.

Campur mie tersebut dengan beberapa sayuran, antara lain wortel, kol ungu dan daun selada. Tambahkan pula bawang bombay, kacang edamame serta potongan dada ayam supaya lebih nikmat. Jadikan mayonnaise sebagai pelengkapnya, ya!

5. Macaroni Salad

Di samping mie, kamu bisa memperoleh sumber karbohidrat sebagai bahan baku salad dari bahan lain. Makaroni, misalnya. Makaroni yang udah direbus dapat kamu campurkan dengan daging ayam atau sapi dan potongan buah alpukat. Setelah itu, beri sedikit cacahan daun mint sebagai topping-nya.

6. Japanese Restaurant Salad

Buat kamu yang nggak mau ribet, bikin aja Japanese Restaurant Salad. Bahan-bahannya simple, kok, cuma potongan wortel dan kol doang. Untuk sausnya, kamu dapat mencampurkan tepung maizena, susu, telur, garam dan lada, ya! Menu salad ini nggak hanya enak, tapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajahmu!

Biar tahu gimana rasanya, kamu harus coba mempraktikkan resep salad buah dan sayur yang menyehatkan di atas di rumah! Cocok banget dijadiin menu sarapan, camilan atau pengganti makan malammu, seperti yang telah disebutkan.