4 Kebiasaan Sehat Bagi Pekerja Kantoran Yang Bisa Dilakukan

Bagi pekerja kantoran, duduk seenggaknya 6-8 jam sehari adalah hal yang biasa. Durasi tersebut belum termasuk saat kamu duduk di mobil atau kendaaran umum untuk melakukan perjalanan pergi dan pulang kantor. Pola hidup kayak gini kalau dilakukan dalam jangka waktu yang lama tanpa diimbangi dengan olahraga bisa membahayakan kesehatanmu, loh! Untuk mengantisipasinya, terapkan kebiasaan sehat bagi pekerja kantoran berikut!

Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Pekerja Kantoran

Duduk terlalu lama bisa mengakibatkan tubuh mengalami gangguan kesehatan, seperti terhambatnya metabolisme, meningkatnya kadar kolesterol hingga obesitas. Terdapat sebuah penelitian yang membandingkan orang dewasa yang aktif bergerak dengan betah duduk di depan TV.

Hasilnya, orang yang duduk lebih lama beresiko mengalami peningkatan resiko kematian dari penyebab lain hingga 50%. Resiko mereka mengalami penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung juga meningkat hingga 125%.

Saat disibukkan dengan pekerjaan, kamu mungkin nggak punya waktu buat berolahraga. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa sehat dan bugar, ya! Sebagai gantinya, para pekerja kantoran dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjaga tubuh tetap fit meski dikejar deadline:

1.Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Sekarang banyak orang yang nggak mau ribet. Kalo laper, tinggal pesan makanan lewat aplikasi. Tapi, pola hidup seperti ini bisa membuatmu rentan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, lemak, gula serta bahan-bahan yang nggak sehat.

Daripada delivery makanan ke kantor, lebih baik kamu sarapan terlebih dulu di rumah dengan oatmeal, roti gandum, sereal, susu rendah lemak atau telur. Jika tidak sempat, bawa bekal aja. Kamu dapat menyiapkan menu sarapan yang simple untuk dibawa ke tempat kerja.

Selain itu, hindari ngemil kentang goreng, donat serta aneka snack ber-MSG dan minum kopi manis, soda atau bir di sela-sela waktu kerja. Lebih baik kamu menggantinya dengan buah-buahan atau camilan sehat lainnya.

2. Banyak Minum Air Putih

Tadi udah disebutkan, bahwa kamu harus menghindari minuman manis, bersoda dan beralkohol. Minuman-minuman tersebut bila dikonsumsi terlalu sering dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.

Ganti dengan minum air putih sesuai kebutuhan. Selain menyegarkan, air putih juga lebih sehat dibanding jenis minuman itu. Keunggulan lainnya, yaitu air putih mengandung nol kalori, bikin tubuhmu tetap terhidrasi, memberi rasa kenyang serta menjaga kesehatan otak dan otot. Kamu bisa menjadikan minum air putih sebagai kebiasaan di tengah jadwal kegiatanmu yang padat.

3. Jangan Duduk Terus, Sesekali Bergerak lah!

 Bekerja di kantor mengharuskanmu buat duduk di depan komputer berjam-jam. Efeknya, otot-ototmu jadi kaku dan punggung serta pinggangmu terasa pegal. Jika dilakukan secara terus-menerus bisa mengakibatkan kamu alami berbagai keluhan kesehatan.

Untuk mencegahnya, kebiasaan sehat bagi pekerja kantoran yang satu ini kudu banget kamu lakuin. Kamu bisa berdiri dan melakukan peregangan di sela-sela waktu kerja, misal setiap sejam sekali, selama 1-2 menit. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan tangga dan tidak mengandalkan lift saja.

4. Tidur yang Cukup

Durasi tidur ternyata berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Apabila kamu tidur kurang dari 7 jam, beragam resiko, di antaranya kelelahan, kontrol impuls yang buruk, depresi hingga gangguan kesehatan, seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan stroke bakal menanti.

Kurang tidur juga bisa bikin kamu alami obesitas, loh! Sebab, terjadi perubahan hormon ghrelin dan leptin yang dapat meningkatkan nafsu makan serta memperlambat metabolisme.

Oleh karenanya, ciptakan pola tidur yang teratur dengan tidur di waktu yang sama setiap hari, termasuk ketika akhir pekan. Pastikan semua perangkat elektronikmu, baik TV, komputer atau pun ponsel sudah mati sejam sebelum tidur agar istirahatmu lebih nyenyak.

Terdapat banyak cara untuk tetap prima meski kamu merupakan pegawai kantoran yang punya jadwal super-duper padat. Salah satunya menerapkan kebiasaan sehat bagi pekerja kantoran di atas. Sehingga, kamu bakal terus semangat walaupun banyak kegiatan. Selain itu, jangan lupa check-up ke dokter secara rutin, ya, agar tahu kondisi kesehatanmu.